Alat-alat
1.kunci klep 24 biasa ada 2 ujung, yg gede buat motor sport
2.kunci setelan klep
–>bentuknya L ujungnya ada lubang bentuk kotak tapi ada juga yg pake obeng min buat ngencengin / ngendorin setelan klep
3.kunci ring 10 (buat buka mur pengunci) setelan klep tergantung mur pengunci setelan klep nya pilih yg lekuknya agak dalem biar bisa masuk
4.Feeler Gauge / Puller <15-20rebuan>
Pastikan ini puller buat motor, cek aja, pasti ada ukuran dari 0.03, 0.04, 0.05, ampe 0.10. Klo salah beli suka dapet yg buat mobil, paling kecil 0.05. terus langsung lanjut ke 0.10, 0.15, ga presisi jadinya klo buat motor.
5.Obeng min buat buka tutup magnet n lubang intip klo ga ada bisa pake tank sama ring besi / uang logam
6.Kunci busi buat buka busi
7.Kunci Socket
–> Rata-rata ukuran14
–> buat muter kruk as pas nyari TMA
Langkah-langkah Stel Kelep
1.Pastikan mesin dalam kondisi dingin dan bersihkan dulu bagian yg akan dibuka
2.Buka busi, tutup klep in-out, tutup magnet, tutup lubang intip
3.Cari TMA, putar kruk as berlawanan jarum jam, sambil liat di lubang intip, sesuaiin tanda top di magnet ma di blok mesin. TMA akan dicapai
tepat setelah klep masuk turun sekali, terus pas piston mo naek lagi itu menuju TMA. Buat muter ni kruk as, bisa make kunci socket
4.Ukur renggang klep, coba-coba aja bilah ukur nya. Yg mentok /seret itu dia.
- Klo di luar spek, setel ulang
- Kendorin mur pengunci
- Selipin puller + kencengin / kendorin sesuai keinginan
- Tahan, jangan ampe bergeser, kencengin mur pengunci
- Klo uda, coba ukur lagi, berubah ga? Klo ga berubah
coba diengkol beberapa kali, cari TMA, ukur lagi, harusnya gak berubah, Klo berubah back to step 1.
5.Klo uda semua, pasang balik lagi tutup, dan busi.
Setelnya harus saat mesin sudah dingin ya. Tapi kudu tahu kerapatan-kerenggangan antara noken as dengan klep untuk motor. AFAIK masing2 motor berbeda rapat-renggangnya. Bahkan in dan ex-nya untuk masing2 motor pun berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar