FOLLOW ON TWITTER:https://twitter.com/#!/cocolatoz FOLLOW ON FACEBOOK:https://www.facebook.com/senoastokoputro
Komunitas penggemar dan pengguna honda win, bisa saling bertukar informasi mengenai kendaraan yang satu ini. juga untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi bagi sesama penggemar dan pengguna honda win.

Senin, 01 Agustus 2011

Kinerja Karburator Honda Win 100cc Pada Motor Bebek Honda 100cc


Ada nggak ya cara termudah dan termurah untuk mendongkrak performa motor bebek Honda 100cc? Well, tentu ada lah. Sobat tinggal mengganti karburator Keihin PB 16 bawaan sepeda motor dengan karburator “imitasi” milik Honda Win 100cc. Ada 2 merek sebagai pilihan karbu imitasinya. Pertama, merek Lippo. Sedangkan yang kedua merek Komachi. Keduanya dipatok dengan harga yang relatif sama. Harganya sekitar Rp 110.000,00.
Biaya pasang karburator plus penyetelannya paling sekitar Rp 15.000,00. Lantas bagaimana kinerja karburator imitasi tersebut pada motor bebek Honda 100cc? Santai, saya sudah mencoba untuk dipasang di motor Honda Revo 100cc. Sedangkan sebelumnya karburator ini dipasang di motor Honda New Supra Fit. Sekarang karburatornya sudah dibeli teman saya yang membesut Honda Supra X 100cc bore up pakai piston Karisma. Monggo dilanjut…
Ukuran venturi karburator pada motor bebek Honda 100cc adalah 16mm. Sedangkan ukuran venturi karburator Win Imitasi adalah 18mm. Kali ini saya mencoba karburator Win Imitasi merek Komachi tipe PB 18mm.
Well, sobat bisa memilih apakah akan menggunakan spuyer karburator standar atau spuyer bawaan pada karburator imitasinya. Dengan spuyer karburator standar, konsumsi bbm nya akan lebih irit. Namun akselerasi tidak berbeda jauh dengan karburator standar. Hanya terasa di gigi 2. Sedangkan dengan spuyer karburator imitasi, akselerasi lebih terasa dan nafas lebih panjang, namun konsumsi bensin sama seperti ketika menggunakan karburator standar.
Pada Honda Revo 100cc, saya pasang spuyer standarnya. Konsumsi bbm yang awalnya hanya di kisaran 31,xxx km / liter bisa makin irit menjadi 34,xxx km / liter. Gaya mengemudinya sama antara sebelum dan sesudah ganti karbu, yaitu gaya ride with ART (aggressive, responsive, tactics) :lol . Lumayan, bisa makin irit. Top speed tetap mentok di 105 km/jam.
Sedangkan pada Supra X 100cc bore – up an, tadi teman saya memilih untuk menggunakan spuyer bawaan karburator imitasinya. Akselerasi meningkat dan nafas pada gigi 3 terbukti lebih panjang. Sebelumnya gigi 3 hanya mencapai85 km/jam. Setelah pasang karburator Win imitasi alias Komachi PB 18, gigi 3 bisa digeber sampai 90 km/jam.
Oke, sekian dulu sharing kali ini. Semoga bermanfaat… :D

10 komentar:

  1. kalo piston 175 pake karburator win dgan spuyer mitasi apa bisa ngefek sama larinya?

    BalasHapus
  2. klo selain di ganti karbu win apa gan

    BalasHapus
  3. Mz aq lagi garap win dari nol.......tp ngk tau mulai dari mana dulu ( mesin, kelistrikan ato body rangka ) !! mohon pencerahan ny...trms

    BalasHapus
  4. dari rachmat di bekasi 10/03/2014 11:34.
    sebaiknya motor anda dikembalikan keposisi standart.
    cari magnet nedymium model tabung di toko magnet di ltc glodok seharga Rp 65.000 kebutuhan 2 unit.
    magnet yang pertama dimasukkan kedalam selang bensin setelah saringan samping karburator.
    tujuannya agar bahan bakar yang melewati medan magnet, struktur atomnya rapi dan sejenis. sehingga sa'at bahan bakar masuk kedalam ruangan bakar lebih cepat terbakar seluruhnya tanpa meninggalkan kotoran.
    magnet yang kedua dimasukkan kedalam selang kabel busi
    magnet yang kedua bertujuan menghilangkan arus edy (kejutan gelombang elektromahnetik) sehingga arus yang melewati kabel semakin stabil, api busi lebih biru.
    dua hal tersebut kalau dipakai mengahasilkan pembakaran yang sempurna, dengan pembakaran sempurna pelan-pelan ruang bakar akan bersih dari kerak. Pembakaran sempurna bisa dilihat dari kepala busi yang berwarna putih.
    Percobaan ini saya mulai tahun 2010 sampai sa'at ini. awal komsusi prenium 1:30 sa'at ini 2013 1:70.
    tahun 2010 speed maksimum hanya bisa dapat 60 km/jam sa'at ini bisa 100 km/jam itupun bukaan gas mencapai setengah putaran.
    mesin lebih dingin, ganti olie dan servis itupun saya lakukan sampai batas maksium olie lebih kuarang 6 bulan.
    tarikan enteng nafas motor tidak pernah kehabisan ditingkat gigi manapun.
    motor yang saya pakai honda supra x 100 tahun 2003 meteran sa'at ini 4200.
    bagaimana segera dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana dengan motor C70 ?
      apakah karbu win 100, bisa menjadi solusi yang tepat untuk pengapian pada mesin jadul ini?
      tolong sarannya

      Hapus
  5. misi om, saya punya honda win, dan saya tidak terlalu paham seputar sepeda motor :D. mohon infonya bisa nggak honda win di pasang karburator ninja 2 tak? kalo pun bisa apa aja yang harus di ganti dan di modifikasi? mohon infonya yaa om. infokan ke 081235249595 itu ya om please

    BalasHapus
  6. om saya sudah nurutin ganti karbu win (thailand 300k)di supra 100cc, kmaren masih nambah fiber (10k), perpanjangan selang bensin (plus saringan; 10k), harus copot filter bawaan karena notok ga cukup.
    hasil suara nya kasar ---> ini suara apakah murni dari suara karbu win baru yang ga ada filternya?
    trus minta saran, kemaren filternya make apa nya biar karbu ga cepet kotor

    BalasHapus
  7. Saya pake karbu win pada honda grand sya kenapa di putaran atas gas buka penuh motor brebet larinya ngempos? Mohon solusi gan.

    BalasHapus
  8. Terimaksh teman kita bsa sering aku pecinta h winbyar jadul tapi gaul

    BalasHapus