FOLLOW ON TWITTER:https://twitter.com/#!/cocolatoz FOLLOW ON FACEBOOK:https://www.facebook.com/senoastokoputro
Komunitas penggemar dan pengguna honda win, bisa saling bertukar informasi mengenai kendaraan yang satu ini. juga untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi bagi sesama penggemar dan pengguna honda win.

Kamis, 26 Januari 2012

Pemasangan tabung Hidrogen pada SEPEDA MOTOR

Cara pemasangan tabung hidrogen pada sepeda motor :

1. Melubangi  karet vacum  atau  filter motor
Untuk motor Suzuki dilubangi pada filter nya 
Untuk motor honda lebih baik dilubangi pada karet vacum nya,



Tampak dalam foto, filter dilubangi & dipasang selang L.
Selang L dapat pula dipasang pada karet vacum,  karet vacum letaknya berada di sebelah
filter dg bentuk melengkung (di pojok kanan bawah dalam foto diatas) 
Catatan :
Untuk motor 2 tak pembakarannnya menggunakan oli samping,
bila hidrogen dimasukkan lewat filter/manipol akan berakibat mesin mogok,
sementara ini  pemakaian hidrogen cocok untuk  motor 4 tak & mobil.

2. mengambil listrik dari spool
Dibutuhkan diode 25 ampere untuk motor cewe
Dibutuhkan diode 35 ampere untuk motor cowo
Diode dapat dibeli di toko elektronika & untuk mobil tidak menggunakan diode, tetapi
diganti dengan Relay yang dapat dibeli di toko variasi mobil.



3. Memasang grounding
Ground atau elemen negatif bisa ke body motor,
sedang elemen positif ngambil dari spool lampu.
Kedua kabel tersebut di sambung kan dengan tabung hidrogen

4. Mengisi air
air murni atau pure water air kandungan mineralnya 0 % (Cleo)
Air mineral (Aqua) mengandung banyak mineral seperti Magnesium, Kalium, Natrium, dan lain lain
yang mengakibatkan air dalam tabung cepat kotor

5.Masukkan soda api (KOH)
proses elektrolisis air, dibutuhkan katalisator yaitu soda api, atau istilah kimia Kalium Hidroksida, bukan Kalium Bikarbonat, bisa juga pake soda kue tetapi mengakibatkan air akan cepat keruh & air harus diganti.


Takaran KOH untuk setengah liter air cukup sesendok makan saja,
bila proses elektrolisis belum keluar buih, maka tambah lagi soda apinya.


tahap awal biasanya gas hidrogen akan membersihkan mesin dari kerak-kerak pembakaran terdahulu,
juga untuk menenangkan mesin agar tidak berisik, juga membersihkan busi, gas emisi buang nantinya juga akan kecil.

Berikut skema pemasangan tabung hidrogen pada motor & mobil. Perbedaannya adalah :
- Motor mengambil listrik dari spool  sedangkan mobil menggunakan aki.
- Motor menggunakan diode seangkan mobil menggunakan relay.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar