FOLLOW ON TWITTER:https://twitter.com/#!/cocolatoz FOLLOW ON FACEBOOK:https://www.facebook.com/senoastokoputro
Komunitas penggemar dan pengguna honda win, bisa saling bertukar informasi mengenai kendaraan yang satu ini. juga untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi bagi sesama penggemar dan pengguna honda win.

Sabtu, 02 Juni 2012

pasang 2 kiprok

Sekarang aturan di Jakarta mengharuskan lampu menyala siang hari. Otomatis, lampu depan kudu hidup siang dan malam. Bakal lebih afdal kalau motor lain bisa ikutan seterang Tiger. Seperti bebek misalnya. Ada yang langsung mengambil jalur kabel lampu depan dari aki, hasilnya arus listrik tak lama jadi ngedrop.
Perhatikan lampu depan Honda Tiger 2000. Nyala stabil meski putaran mesin naik-turun. Pertanda arus headlamp ditopang aki yang disebut sistem DC. Makin asyik karena lampu utama tetap fungsi meski dapur pacu belum hidup.
Lampu Bebek – Dua Kiprok Nyala Stabil
Atau malah ganti aki dari 5 ampere ke 7 ampere dengan harapan cadangan listrik makin besar. Nyatanya pengisian malah enggak stabil. “Charge aki dari sepul harus diperbesar, cara paling gampang, ya tambah satu kiprok lagi (gbr. 1),” buka Untung Riadi, mekanik HRC Loaxan di Jl. Panjang, Cidodol, Jakarta Selatan.KLIK – Detail
Langsung saja, pria yang akrab disapa Bege ini kasih contoh cara pasang di Honda Astrea Grand. Buka dulu cover aki, tugas pertama cari lokasi buat pasang rectifier atau kiprok kedua.
Kalau kagak dapat lokasi dekat dengan kiprok pertama, silakan cari tempat lain. Nggak masalah kok asal kabel ke kiprok kedua cukup panjang.
KLIK – DetailUrusan kedua kini menggabungkan sepasang kiprok agar bekerja kompak. Lihat empat kabel di kedua soket rectifier, gabungkan kabel kuning (sepul lampu) di kiprok pertama ke kabel putih (sepul pengisian) di kiprok kedua (gbr. 2). Kabel kuning di kiprok kedua silakan diputus alias dinon-aktifkan.
Lampu Bebek
Masih di kiprok kedua, hubungkan kabel merah ke aki dan kabel kelir hijau menuju massa. Kini kedua kiprok sudah bekerja sama, ganti dan pindahkan kabel kuning yang ke lampu utama dicolok langsung ke aki.
Tes dulu dengan memutar kunci kontak ke posisi ON, lalu colek sakelar headlamp, sudah bisa menyala belum? Kemudian jajal dengan mesin hidup. Pastikan sistem pengisian ke aki bekerja dengan ciri nyala lampu depan terus terang tanpa gejala ngedrop.
Oh ya, aki bawaan bebek 5 ampere tetap bisa dipakai. Tapi seumpama diupgrade ke aki Tiger 2000 spek 7 ampere malah lebih sip lagi.
“Alternatif lain, silakan jajal kiprok Honda Tiger yang memang dirancang buat aki 7 ampere (gbr. 3). Jalur kabel mirip di GL100 CDI, GL Pro atau Astrea Grand, tinggal modif kabel di gulungan sepul,” lanjut pria 33 tahun ini.
Dua Kiprok Nyala Stabi
Mesti buka bak magnet, karena sepul lampu nggak lagi dipakai, maka harus digabung ke sepul pengisian dengan cara disolder. Alhasil pengisian ke aki jadi lebih besar karena semua gulungan sepul mengarah ke kiprok.
Kiprok RX-King 6V Bebas Putus
Nah, kalau cerita yang ini kebalikan dari artikel di atas. Buat yang pengin praktis minus aki tapi nggak pengin bohlam depan gampang putus. Biasanya mereka ini penyuka motor korekan kencang jalanan atau penggemar motor trail.
“Nggak perlu takut putus lagi kalau sudah pasang kiprok dari Yamaha RX-King lama yang masih 6 volt. Dijamin meski digeber sampai rpm tinggi sekalipun lampu tetap menyala,” kata Heru Mustofa, tuner Scorpio Motor di Meruya Selatan, No. 35, Jakarta Barat.
Cara pasang juga super gampang. Pasang dulu kiprok RX-King ke sasis, lalu kabel putih digabung ke jalur kabel lampu utama. Gitu aja kok! Tapi, ingat, baut yang mengikat ke rangka itu harus kuat. Kalau ikatannya kendur atau lepas, lampu akan putus terus. Okeh!
BOHLAM HALOGEN MOBIL TERANG
Satu lagi yang mau ikutan terang. Bisa pasang bohlam halogen mobil. Harga cuma Rp 4.000 namun kuat. “Meski arus listrik langsung dari sepul alias tanpa kiprok, dijamin tidak putus,” jelas Anto Suratman dari PJ Motor.

3 komentar:

  1. nice artikel gan....
    :)

    gan.... ane pecinta honda win juga.... :)

    tp ada masalah sama kelistikan nya gan, yg berhubungan dengan lampu utama nya....
    karena dimotor saya dicoba lepas aki an kiprok diganti punya GL-pro....
    alhasil... lampu semua putus (lampu utama dan belakang), saat putaran tinggi.
    apa perlu menggunakan 2 kiprok gan? tw memang lampu utama honda win tdk bisa stabil tanpa aki?
    thanks gan.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEHARUSNYA TETEP PAKEK AKI PAK, DAN UNTUK KELISTRIKAN TETEP IKUT KE MESIN, INI SISTEM KELISTRIKAN WIN Q YANG MASIH HIDUP SAMPAI SEKARANG, KALAU PENGAN LEBIH TERANG NYALANYA, SPUL LAMPUNYA DIGANTI PUNYANYA SUZUKI GS (2 TAK).....

      Hapus
  2. saya sedang mempersiapkan part pengganti kelistrikan honda win dari 6v menjadi 12v pake kiprok tiger. Yg mau saya tanyakan,apa bisa spul astrea grand dipasang di honda win yg masih tetap pakai magnet standart original honda win? Trimakasih, saya tunggu pencerahannya.
    (Bagoes-surabaya barat)

    BalasHapus