FOLLOW ON TWITTER:https://twitter.com/#!/cocolatoz FOLLOW ON FACEBOOK:https://www.facebook.com/senoastokoputro
Komunitas penggemar dan pengguna honda win, bisa saling bertukar informasi mengenai kendaraan yang satu ini. juga untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi bagi sesama penggemar dan pengguna honda win.

Jumat, 04 Februari 2011

Tips Modifikasi Knalpot Motor

Bagaimana tehnik memodifikasi knalpot motor agar bisa meningkatkan kecepatan motor anda?  Lantas bagaimana mengubah tampilan standard knalpot motor anda agar lebih bertenaga dan membuat lari motor anda menjadi lebih kencang?

Berikut tips dalam memodifikasi Knalpot motor anda agar lebih bertenaga. Performa mesin menurun saat terjadi tekanan balik (back presure) pada sistem pembuangan. Tekanan balik terjadi akibat terhalangnya aliran sistem pembuangan, baik dalam pipa pembuangan, peredam suara, dan katalis-katalis pengubah energi atau komponen lain yang ada di bagian sistem pembuangan. Tekanan balik akan melingkupi gas yang terbakar dari saluran silinder, sewaktu katup terbuka. Tekanan balik terjadi saat gas hasil buangan bertemu dengan udara/bensin yang masuk, hingga terjadi keseimbangan antara aliran gas buang dan campuran udara bensin yang masuk.

Elemen-elemen dalam sistem pembuangan juga akan sulit terkendali saat terjadi tekanan balik. Untuk itu, diperlukan header dan komponen-komponen lain dalam sistem pembuangan, sebagai penyelaras antara pembuangan dan intake. Unsur-unsur ini akan mengurangi proses hilangnya torsi dan tenaga. Semakin besar diameter header, aliran sistem pembuangan juga makin lancar. Namun kenyataannya tidak sesederhana itu, Gas yang keluar daril mesin ke sistem pembuangan tidak berada dalam kondisi yang stabil. Tekanan yang terjadi akan berubah-ubah, saat katup sistem pembuangan terbuka.

Diameter pipa juga sangat berpengaruh terhadap gas buang yang terdorong. Memilih ukuran pipa sangat sulit agar sesuai, perhitungan kombinasi antara letak mesin, intake manifold, karburator atau tempat masuknya bahan bakar sangat diperhitungkan. Perhitungan lain adalah kekuatan tenaga mesin yang diinginkan. Dapat dikatakan header runners, yang berdiameter besar (sekitar 4,5 cm), lebih baik untuk rpm tinggi, ketimbang diameter kecil. Panjang header juga masuk hitungan, misalnya pada torsi besar dan rpm rendah (aplikasi 4×4), akan lebih efisien dan berdaya maksimum, jika header dibuat lebih panjang. Untuk menuju keserasian adalah mempertimbangkan langkah-langkah modifikasi pada knalpot, dengan seluruh performa mesin, hingga hasil rekayasa menjadi serasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar